Korelasi Permasalahan Kulit Wajah terhadap Jenis Produk yang Digunakan Menggunakan Metode Apriori

Studi Kasus : Queen Arabic

Authors

  • Mairani Mairani STMIK Kaputama

DOI:

https://doi.org/10.62951/bridge.v2i4.256

Keywords:

Customer Data, Correlation, Apriori Algorithm

Abstract

The Apriori method is one of the algorithms used in data mining to find association patterns, such as "association rules", in large data sets. This method was developed by Rakesh Agrawal and Ramakrishnan Srikant in 1994. The purpose is to test the correlation between facial skin problems and the type of product used by finding min support and min confidence using the apriori method.The results obtained based on this analysis are that there are 2 rules that meet the minimum requirements to form a combination of 2 itemsets with a minimum support value of 95% and a minimum confidence of 100%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelya, U. U., & Serli, R. K. (2022). Analisa minat pelanggan terhadap produk skincare Msglowskincare Nina Depok dengan algoritma Apriori. Jurnal, 8(2), 187–193.

Armayani, C., Fauzi, A., & Sembiring, H. (2021). Implementasi data mining pengelompokan jumlah data produktivitas ubinan tanaman pangan berdasarkan jenis ubinan dengan metode clustering di Kab. Langkat (Studi kasus: Badan Pusat Statistik Langkat). Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 5(1), 185–196. https://doi.org/10.59697/jik.v5i1.318

Buaton, R., Anton Sihombing, F. D. A., & Clara Rosa Wijaya. (2017). Data mining untuk menentukan korelasi (confidence dan support) jurusan siswa pada tingkat sekolah menengah terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) di perguruan tinggi sebagai solusi tepat pemilihan program studi di perguruan tinggi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.59697/jsik.v1i2.744

Ginting, I. F. P., Saripurna, D., & Fitriani, E. (2021). Penerapan data mining dalam menentukan pola ketersediaan stok barang berdasarkan permintaan konsumen di Chykes Minimarket menggunakan algoritma Apriori. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 20(1), 28. https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.2504

Gumanti, M., & Utami, B. (2021). Analisis korelasi harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada klinik skincare (Studi pada Klinik Puspita Pringsewu). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2), 63–67. https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4513

Ilham Budiman, S., Saori, S., Anwar, R. N., & Pangestu, M. Y. (2023). Analisis pengendalian mutu di bidang industri makanan (Studi kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal, 17(2), 134–137. https://doi.org/10.23960/elc.v17n2.2403

Lestari, S., Novriyenni, N., & Khair, H. (2022). Penerapan data mining untuk mengetahui pola pembelian roti oleh pelanggan pada Merduati Bakery menggunakan metode Apriori. Seminar Nasional …, 6(3).

Lubis, A. A., Buaton, R., & Ambarita, I. (2022). Data mining pengelompokan pasien rawat inap berdasarkan kelas BPJS menggunakan metode clustering (Studi kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Dr. RM. Djoelham Binjai). Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 6(2), 310–325. https://doi.org/10.59697/jsik.v6i2.189

Lubis, M. S., Lumbanbatu, K., & Lubis, I. (2022). Korelasi antara motivasi belajar dan minat baca dengan prestasi siswa menggunakan metode Apriori: Studi kasus SMP Negeri 11 Binjai. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 398–411. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1947

Nurlian, B. S. G. (2022). Data mining korelasi pengguna narkoba dengan. Jurnal, 6(3).

Rahayu, P. W., Bernadus, I. N., & Datya, A. I. (2024). Penerapan data mining dalam mengetahui pola transaksi pembelian obat menggunakan algoritma Apriori di Apotek Kharisma Farma Tiga. J-Icon: Jurnal Informatika dan Komputer, 12(1), 44–55. https://doi.org/10.35508/jicon.v12i1.13154

Rahayu, P., Sudipa, I. G. I., Suryani, Surachman, A., Ridwan, A., Darmawiguna, I. G. M., Sutoyo, M., Slamet, I., Harlina, S., & Sanjaya, I. M. (2024). Buku ajar data mining (Vol. 1, Issue January).

Rianti, A., Julistia, R., Dewi, R., Iramadhani, D., & ... (2024). Hubungan dukungan sosial dengan optimisme pada mahasiswa berjerawat pengguna skincare. INSIGHT: Jurnal …, 1(2), 264–276. https://ojs.unimal.ac.id/ijpp/article/view/10678

Septiansyah, A., Yuliawati, A., & Santoso, I. (2023). Analisis sentimen terhadap layanan internet di Indonesia menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Ikraith-Informatika, 7(2), 32–41.

Skincare, P., Marwah, P., & Medan, S. (2023). Penerapan metode Apriori dalam menentukan pola pembelian produk skincare pada Marwah Skincare Medan. Jurnal, 2(1), 19–30.

Published

2024-09-19

How to Cite

Mairani Mairani. (2024). Korelasi Permasalahan Kulit Wajah terhadap Jenis Produk yang Digunakan Menggunakan Metode Apriori : Studi Kasus : Queen Arabic . Bridge : Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Telekomunikasi, 2(4), 288–294. https://doi.org/10.62951/bridge.v2i4.256

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.