Korelasi Permasalahan Kulit Wajah terhadap Jenis Produk yang Digunakan Menggunakan Metode Apriori
Studi Kasus : Queen Arabic
DOI:
https://doi.org/10.62951/bridge.v2i4.256Keywords:
Customer Data, Correlation, Apriori AlgorithmAbstract
The Apriori method is one of the algorithms used in data mining to find association patterns, such as "association rules", in large data sets. This method was developed by Rakesh Agrawal and Ramakrishnan Srikant in 1994. The purpose is to test the correlation between facial skin problems and the type of product used by finding min support and min confidence using the apriori method.The results obtained based on this analysis are that there are 2 rules that meet the minimum requirements to form a combination of 2 itemsets with a minimum support value of 95% and a minimum confidence of 100%.
Downloads
References
Amelya, U. U., & Serli, R. K. (2022). Analisa minat pelanggan terhadap produk skincare Msglowskincare Nina Depok dengan algoritma Apriori. Jurnal, 8(2), 187–193.
Armayani, C., Fauzi, A., & Sembiring, H. (2021). Implementasi data mining pengelompokan jumlah data produktivitas ubinan tanaman pangan berdasarkan jenis ubinan dengan metode clustering di Kab. Langkat (Studi kasus: Badan Pusat Statistik Langkat). Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 5(1), 185–196. https://doi.org/10.59697/jik.v5i1.318
Buaton, R., Anton Sihombing, F. D. A., & Clara Rosa Wijaya. (2017). Data mining untuk menentukan korelasi (confidence dan support) jurusan siswa pada tingkat sekolah menengah terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) di perguruan tinggi sebagai solusi tepat pemilihan program studi di perguruan tinggi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.59697/jsik.v1i2.744
Ginting, I. F. P., Saripurna, D., & Fitriani, E. (2021). Penerapan data mining dalam menentukan pola ketersediaan stok barang berdasarkan permintaan konsumen di Chykes Minimarket menggunakan algoritma Apriori. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 20(1), 28. https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.2504
Gumanti, M., & Utami, B. (2021). Analisis korelasi harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada klinik skincare (Studi pada Klinik Puspita Pringsewu). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2), 63–67. https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4513
Ilham Budiman, S., Saori, S., Anwar, R. N., & Pangestu, M. Y. (2023). Analisis pengendalian mutu di bidang industri makanan (Studi kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal, 17(2), 134–137. https://doi.org/10.23960/elc.v17n2.2403
Lestari, S., Novriyenni, N., & Khair, H. (2022). Penerapan data mining untuk mengetahui pola pembelian roti oleh pelanggan pada Merduati Bakery menggunakan metode Apriori. Seminar Nasional …, 6(3).
Lubis, A. A., Buaton, R., & Ambarita, I. (2022). Data mining pengelompokan pasien rawat inap berdasarkan kelas BPJS menggunakan metode clustering (Studi kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Dr. RM. Djoelham Binjai). Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 6(2), 310–325. https://doi.org/10.59697/jsik.v6i2.189
Lubis, M. S., Lumbanbatu, K., & Lubis, I. (2022). Korelasi antara motivasi belajar dan minat baca dengan prestasi siswa menggunakan metode Apriori: Studi kasus SMP Negeri 11 Binjai. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 398–411. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1947
Nurlian, B. S. G. (2022). Data mining korelasi pengguna narkoba dengan. Jurnal, 6(3).
Rahayu, P. W., Bernadus, I. N., & Datya, A. I. (2024). Penerapan data mining dalam mengetahui pola transaksi pembelian obat menggunakan algoritma Apriori di Apotek Kharisma Farma Tiga. J-Icon: Jurnal Informatika dan Komputer, 12(1), 44–55. https://doi.org/10.35508/jicon.v12i1.13154
Rahayu, P., Sudipa, I. G. I., Suryani, Surachman, A., Ridwan, A., Darmawiguna, I. G. M., Sutoyo, M., Slamet, I., Harlina, S., & Sanjaya, I. M. (2024). Buku ajar data mining (Vol. 1, Issue January).
Rianti, A., Julistia, R., Dewi, R., Iramadhani, D., & ... (2024). Hubungan dukungan sosial dengan optimisme pada mahasiswa berjerawat pengguna skincare. INSIGHT: Jurnal …, 1(2), 264–276. https://ojs.unimal.ac.id/ijpp/article/view/10678
Septiansyah, A., Yuliawati, A., & Santoso, I. (2023). Analisis sentimen terhadap layanan internet di Indonesia menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Ikraith-Informatika, 7(2), 32–41.
Skincare, P., Marwah, P., & Medan, S. (2023). Penerapan metode Apriori dalam menentukan pola pembelian produk skincare pada Marwah Skincare Medan. Jurnal, 2(1), 19–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bridge : Jurnal publikasi Sistem Informasi dan Telekomunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.